Site menu

Our poll

Tips dan Trik Mana Yang Anda Sukai?
[ Hasil · Pilihan ]
Banyaknya suara: 185

Statistics


Total online: 1
Tamu: 1
Anggota: 0

Login form

Search

Calendar

«  Maret 2009  »
MgSnSlRbKmJmSb
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031
Main » 2009 » Maret » 7 » Petunjuk Bagi Pendatang Baru di DALnet
Share
4:29:31
Petunjuk Bagi Pendatang Baru di DALnet
Daftar Isi
1 Cara Melakukan Koneksi ke IRC
2 Apa yang membuat DALnet begitu spesial?
3 Perintah Dasar IRC
4 Mencari Bantuan
5 DALnet’s IRC Operators
6 Channel Operators
7 Keamanan
8 Kesimpulan
1 · Cara Melakukan Koneksi ke IRC
Untuk melakukan koneksi ke DALnet, anda membutuhkan IRC client. Paling tidak dalam sistem komputer anda, membutuhkan satu IRC client untuk berkoneksi. Untuk keterangan lebih lanjut tentang berbagai macam client yang anda dapat gunakan agar bisa mengakses DALnet, bisa melalui http://www.dal.net/software. Namun jika ternyata anda tidak bisa mendownload IRC client yang dimaksud tapi anda ingin chatting di DALnet, http://www.dal.net DALnet menyediakan java client yang bisa digunakan secara publik.

2 · Apa yang membuat DALnet begitu spesial?
DALnet mempunyai perbedaan dari jaringan IRC lainnya dalam berbagai macam cara apapun. Hal yang paling penting dalam mendukung perbedaan tersebut adalah Tipe Services DALnet’s: NickServ, ChanServ, and MemoServ. Services DALnet’s di coding, maintenance, dan diupgrade oleh staf DALnet setiap waktu. Services didesain sedemikian rupa untuk membuat pengalaman chatting anda menjadi lebih menarik; untuk informasi lebih lanjut tentang DALnet’s services, anda bisa melihatnya di http://www.dal.net/services.

3 · Perintah Dasar IRC
Melakukan koneksi ke IRC server

/server server:port

(contoh: /server irc.dal.net:7000)

Keluar dari IRC dengan sebuah “pesan”

/quit pesan

(contoh: /quit Ta-Ta Semuanya!)

Memasuki channel yang telah diketahui

/join #channel

(contoh: /join #Help)

Keluar dari channel yang telah diketahui

/part #channel pesan

(contoh: /part #DALnetHelp Terima kasih atas pertolongannya!)

Menampilkan sebuah aksi - * NickAnda melakukan sesuatu

/me aksi yang akan dilakukan

(contoh: /me melambai-lambai di dalam channel)

Menampilkan daftar channels yang sesuai dengan *subjek*

/list *subjek*

(contoh: /list *IRC*)

Perintah IRC tersebut mungkin akan merepotkan bila anda harus mengetiknya setiap kali anda melakukan koneksi, namun ada beberapa cara agar lebih mudah menggunakannya yaitu dengan memakai “popups” atau semacam menu di dalam client IRC. Untuk bantuan bagaimana cara menggunakan IRC client, anda bisa mencoba mencari channel dengan nama client yang sama (contoh:#mIRC Untuk client mIRC, #pIRCh Untuk client pIRCh) atau anda bisa mencoba perintah /help di dalam IRC client yang anda gunakan.

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pendatang baru di DALnet ialah bagaimana cara mendaftarkan sebuah nickname. Informasi ini dapat ditemukan melalui http://docs.dal.net/docs/nsemail.html.

4 · Mencari Bantuan
DALnet mempunyai banyak sekali channels bantuan yang akan membantu anda dengan berbagai macam topik, namun tidak semuanya yang hanya berhubungan dengan IRC saja. Untuk itu anda harus menentukan dahulu masalah apa yang anda hadapi, setelah itu anda bisa mencari channels untuk masalah tersebut.

Untuk masalah seputar IRC, sangatlah penting untuk mengetahui apakah masalah tersebut seputar pertanyaan DALnet atau bukan. Kami tidak membantu dengan masalah dari jaringan IRC selain DALnet itu sendiri (terkena banned, masalah identd, server down, dsb.). Untuk pertanyaan seputar DALnet ide yang sangat bagus bila anda bisa mengunjungi #DALnetHelp, #IRCHelp atau #Help. jika anda membutuhkan bantuan selain dalam bahasa Inggris, anda bisa mengunjungi daftar channels berikut ini: #DALnetAide (Perancis), #DALnetHilfe (Jerman), #DALnetAyuda (Portugis dan Spanish).

5 · DALnet’s IRC Operators
DALnet IRC Operator mempunyai tugas untuk membantu server adminnya setiap saat agar stabilitas jaringan setiap server bisa selalu terjaga. IRCops juga mempunyai tugas yang tidak kalah pentingnya yaitu membimbing setiap users agar lebih mengenal jaringan DALnet, mereka juga bisa berpartisipasi dalam suatu bagian team yang ada di dalam susunan jaringan DALnet itu sendiri. Sebagai catatan bahwa DALnet bukanlah sebuah jaringan yang ditujukan untuk mencari profit semata, juga semua staf membernya melakukan hal tersebut dengan cuma-cuma/sukarela tidak memungut biaya apapun.

Untuk keterangan lebih lanjut tentang administrasi daripada jaringan DALnet, anda bisa mengunjungi http://www.dal.net/admin.

6 · Channel Operators
Seseorang yang mempunyai simbol @ di depan nicknya bisa dianggap sebagai channel operators, yang mempunyai kemampuan untuk merubah beberapa settings channel untuk keperluan dari channel itu sendiri. Mereka juga mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan seseorang apabila bertentangan dengan peraturan channel. DALnet tidak akan ikut campur mengenai soal bagaimana channel tersebut akan dijalankan, karena semua hal itu adalah keputusan dari Channel Operatornya, dan terutama dari channel’s founder itu sendiri. Kebanyakan ops harus mempunyai kelakuan yang bisa dipertanggung jawabkan, namun apabila terdapat masalah mengenai itu, anda bisa mencoba menghubungi channel’s founder dari channel tersebut. Keputusan final founder merupakan hal yang sangat menentukan bagaimana channel akan berjalan. Anda bisa mengetahui semacam informasi mengenai siapa founder dari channel yang anda maksud dengan menggunakan perintah berikut:

/chanserv info #channel

/quote chanserv info #channel

/msg chanserv@services.dal.net info #channel

7 · Keamanan
Jika anda sedang menggunakan IRC, anda harus selalu mengingat tentang keamanan. Hati-hatilah ketika anda menerima files dari IRC, jangan pernah memberikan passwords nickname ataupun passwords channel kepada orang lain, dan pastikan anda mengunjungi site berikut ini http://docs.dal.net/docs/exploits.html jika anda sering menggunakan sistem dari Microsoft Windows.

8 · Kesimpulan
Team Dokumentasi DALnet memberikan berbagai macam topik yang sangat menarik dan bisa membantu anda di dalam menjelajahi DALnet, anda bisa mengunjungi http://docs.dal.net untuk keterangan lebih lanjut.

Category: Tips dan Trik IRC | Views: 695 | Added by: ayik | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *: